Rabu, 01 Juni 2011

Profil STIKES YARSI Mataram

I.          LATAR BELAKANG
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram merupakan lembaga perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan pada bidang kesehatan. Lembaga ini didirikan dengan latar belakang bahwa kebutuhan tenaga kesehatan di Nusa Tenggara Barat masih belum memenuhi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Masih tingginya angka kematian maternal maupun neonatal, serta kepedulian untuk menyukseskan visi Indonesia Sehat 2010 dan mengakomodir peningkatan jenjang pendidikan tinggi bagi tenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan yang belum memenuhi standar, baik di pelayanan kesehatan maupun di lembaga pendidikan khususnya STIKES YARSI Mataram.
Pada saat ini STIKES YARSI Mataram telah menyelenggarakan tiga program studi yaitu Program Studi S.1 Ilmu Keperawatan + Ners, Program Studi D.III Keperawatan dan Program Studi D III Kebidanan.

II.         SEJARAH SINGKAT STIKES YARSI MATARAM
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram merupakan peningkatan status dari Akademi Keperawatan (AKPER) YARSI Mataram yang didirikan pada tahun 1991 dan telah terakreditasi A dengan nilai 87,43 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia (PUSDIKNAKES DEPKES RI) nomor : HK.00.06.2.2.00120 tanggal 23 Januari 2006. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram telah mendapat ijin dari Menteri Pendidikan Nasional (MENDIKNAS) dengan Surat Keputusan (SK) Nomor : 196/D/O/2005 tertanggal 29 Desember 2005 dan telah diperpanjang ijin Program Studi S1 dengan Nomor: 1499/D/T/2008 dan ijin Program Studi D III dengan Nomor :1500/D/T/2008 oleh Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Tinggi tanggal 30 April 2008 sampai dengan tanggal 12 Desember 2012. dan telah terakreditasi pada tahun 2010 dengan Nomor Akreditasi : 001/BAN-PT/Ak-XIII/S1/IV/2010 dengan jumlah nilai 261.

III.       LOKASI PENDIDIKAN STIKES YARSI MATARAM
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram sekarang terletak di Kampus Baru Jalan TGH. Ali Batu Lingkar Selatan Kota Mataram yang sebelumnya (Kampus Lama) berdampingan dengan Rumah Sakit Islam “Siti Hajar” Mataram Nusa Tenggara Barat milik sendiri yang terletak di Jalan Catur Warga No. 10 B Mataram.

IV.       VISI DAN MISI STIKES YARSI MATARAM
1.    Visi
Menjadi pusat ilmu pengetahuan dan tekhnologi kesehatan yang mumpuni dan islami.
2.    Misi
a.         Mengembangkan riset di bidang kesehatan dan keperawatan
b.         Mengembangkan tekhnologi pendidikan di bidang kesehatan dan keperawatan
c.         Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat
d.         Pengembangan kerjasama lintas program dan lintas sektoral baik dalam maupun luar negeri.

V.         TUJUAN
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram bertujuan mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi :
1.    Bidang Pendidikan dan Pengajaran
a.    Menghasilkan karya ilmiah dalam bidang kesehatan, khususnya dalam bidang keperawatan yang menopang pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi keperawatan  serta pembangunan nasional
b.    Menghasilkan pemikiran dan mewujudkan watak moral dan etika islami.
2.    Bidang Penelitian
a.    Menyelenggarakan penelitian dalam bidang keperawatan dalam rangka meningktakan mutu pelayanan kesehatan khususnya pelayanan keperawatan
b.   Menyelenggarakan penelitian tentang inovasi dalam proses belajar mengajar
3.    Bidang Pengabdian Masyarakat
a.    Pembinaan daerah / wilayah dan keluarga rawan kesehatan
b.    Bekerjasama dengan Rumah Sakit Pemerintah maupun swasta dalam pelaksanaan perawatan kesehatan masyarakat serta melaksanakan perawatan pasca perawatan Rumah Sakit.

VI.       FALSAFAH STIKES YARSI MATARAM
Pendidikan pada hakekatnya adalah merupakan sarana budaya yang bertujuan agar masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila yang merupakan cita-cita bangsa Indonesia dapat tercapai. STIKES YARSI Mataram wajib mewujudkan tujuan Negara Indonesia yang tercermin dalam pembukaan UUD 1945, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Warga STIKES YARSI Mataram yaitu staf akademik, mahasiswa dan staf administrasi merupakan masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti yang luhur, cerdas, trampil, berintegritas pribadi, mantap, mandiri, gemar belajar dan mengabdi pada masyarakat serta melaksanakan penelitian. Dengan dasar falsafah tersebut maka STIKES YARSI Mataram dibina dan dikembangkan secara terus menerus.

4 komentar:

  1. Luar biasa,,,,
    dan kalau boleh tau,,,
    profesi ners dimana ya????

    BalasHapus
  2. Mantap..
    Jadi k pengen masuk ke Stikes Yarsi Mataram...

    BalasHapus
  3. kok blog ini ngk di kelola lagi?

    BalasHapus